Sabtu, 10 Oktober 2009

Merawat Mata Dari Radiasi Komputer



Bagi para karyawan atau pekerja kantoran yang setiap hari berada di depan computer harus menjaga dan merawat kesehatan matanya dari pengaruh radiasi computer.

Mata merupakan salah satu aset yang paling berharga sehingga harus dijaga benar kesehatannya. Radiasi dari monitor computer dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia. Gejala mata yang tidak sehat karena terkena radiasi computer adalah kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga mata dari radiasi monitor :
1. Pakai pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.
2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).
3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.
4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher.
5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata.
Brightness yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata.
6. Istirahatkan mata sejenak. Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata Anda.
7. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering.
Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering.
8. Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer.
9. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik.
10. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata Anda benar-benar sehat.

1 comment:

Rizky2009 mengatakan...

mantab kawan infonya,kalu aq pk LCD jd aman